0 comments

Tingkatkan derajat puasamu...

Published on Jumat, 05 September 2008 in

Bismillahirrohmaanirrohiim... Seperti layaknya kita bersekolah...dimana tiap-tiap kelas ada tingkatan-tingkatannya. untuk meraih tingkatan / kelas yang tinggi, kita harus melalui tingkatan / kelas yang rendah terlebih dahulu... nah begitu pula didalam ibadah puasa...terdapat 3 tingkatan didalamnya, yaitu :

  1. Awwam
  • Puasanya orang biasa, puasa yang mencegah sesuatu hal yang membatalkannya.
  1. khowwas
  • Puasa orang sholeh, Puasa yang mencegah sesuatu yang membatalkannya, mencegah panca inderanya dari berbuat dosa yang bisa menghilangkan pahala puasanya, serta meningkatkan amal ibadah yang bisa menambah nilai dari puasa tersebut.
  1. Khowwasul khowwas
  • Puasanya para nabi dan para wali, Puasa yang mencegah sesuatu yang membatalkannya, mencegah panca inderanya dari berbuat dosa yang bisa menghilangkan pahala puasanya, meningkatkan amal ibadah yang bisa menambah nilai dari puasa tersebut serta hatinya selalu berdzikir / ingat kepada Allah SWT.
dari ke tiga tingkatan tadi kita bisa mengukur sampai dimana tingkatan / kelas puasa kita. semoga setiap tahun kita bisa selalu meningkatkan tingkatan / kelas puasa kita...Amiin... Walhamdulillahirobbil'alamiin...

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Tingkatkan derajat puasamu..."

Add Your Comment